Senam lantai wanita

Banyak keuntungan berlatih dengan partner. Sementara itu, gerakan-gerakan lainnya relatif lebih mudah dan tidak terlalu berisiko untuk dilakukan sehingga aman diperagakan senam lantai wanita oleh pesenam pemula sekalipun.

Manfaat Senam Lantai Banyak manfaat yang didapatkan setelah melaukan gerakan senam lantai dengan benar. Nilai ini menentukan urutan pemenang tiap alat.

Yang dulunya tidak untuk dipertandingkan, namun sejak akhir abad 19 mula dipertandingkan.

Macam Macam Senam Lantai dan Gerakannya

Posisi akhir guling depan adalah jongkok kemudian berdiri tegak. Ayunkan lengan ke arah depan sementara posisi tubuh tetap diluruskan dan tungkai dibuka. Oleh karena itu, tidak semua gerakan-gerakan dalam senam lantai dijadikan bahan pendidikan jasmani di sekolah dan kita juga tidak akan membahasnya semua pada artikel ini.

Unsur-unsur gerakan pada senam lantai terdiri dari gerakan mengguling, meloncat, melompat, berputar di udara, menumpu dengan tangan, menumpu dengan kaki untuk mempertahankan senam lantai wanita seimbang atau pada saat meloncat ke belakang maupun ke depan.

Jika dia lebih berpengalaman, Anda akan lebih mudah belajar darinya. Sikap permulaan dalam posisi jongkok,kedua tangan di depan dan kaki sedikit rapat b.

Pada tingkat sekolah atau yunior pertandingan dapat dibatasi pada nomor-nomor tertentu, biasanya senam lantai dan kuda-kuda lompat. Sikap pantang menyerah biasanya akan membantu Anda mencapai tujuan tersebut, tapi ingat, keamanan ada di atas segalanya.

Sikap Kayang Kayang adalah sebuah gerakan senam lantai, sikap kayang yang sempurna dengan posisi tubuh melengkung terangkat dan menghadap ke atas dengan tumpuan kedua telapak tangan dan kaki. Senam lantai merupakan salah satu rumpun dari senam. Posisi awal adalah berdiri tegak dengan kedua tangan lurus di samping badan dan salah satu kaki lebih maju dari yang lainnya.

Pengertian Senam Senam adalah aktivitas fisik yang dilakukan baik sebagai cabang olahraga tersendiri maupun sebagai latihan untuk cabang olahraga lainnya.

Berikut langkah-langkahnya: Kedua kaki diluruskan, siku tangan ditekuk, kepala dilipat sampai dagu menyentuh dada. Saat tubuh melayang di udara, lentingkan badan dan lipat lutut di depan dada. Lompat Jongkok Lompat jongok adalah gerakan lompatan dengan menggunakan peti lompat dengna posisi badan jongkok pada saat melewati peti lompat.

Gerkan-gerakan yang menekankan tenaga harus dilakukan secara lambat dan sikap statis sekurang-kurangnya 2 detik. Pastikan dahi dan kedua tangan membentuk segitiga sama sisi. Kitab tersebut banyak menceritakan gerakan-gerakan dari senam lantai yang bertujuan untuk pengobatan. Cara melakukannya: Setiap peserta pertandingan harus melakukan 2 dua macam rangkaian pada setiap nomor atau alat, satu rangkaian wajib yang telah ditentukan terlebih dahulu dan satu rangkaian pilihan atau bebas masing-masing.

Rangkaian gerakan senam harus dimulai dari komposisi gerakan ringan, sedang, berat, dan akrobatik, serta mengandung gerakan ketangkasan, keseimbangan, keluwesan, dll.

Untuk pemula, jika belum mahir melakukannya dapat menggunakan dinding atau tembok sebagai bantuan untuk sandaran atau tumpuan kedua kaki. Bila pesenam membawa alat berupa bola, pita, atau alat lain, itu hanyalah alat untuk meningkatkan fungsi gerakan kelentukan, pelemasan, kekuatan, ketrampilan, dan keseimbangan.

Manfaatnya yaitu: Putar kedua tangan ke arah belakang hingga mencapai matras sebagai tumpuan. Latian guling ke depan dapat dilakukan dengan dua cara,yaitu: Banyak sekali variasi gerakan dalam senam lantai, dari yang tingkat kesulitannya rendah, sampai yang butuh latihan bertahun-tahun untuk menguasainya.

Teknik gerakannya: Melangkahlah beberapa kali atau jika perlu berlarilah, sebelum melakukan tolakan sekuat tenaga. Sikap Lilin Sikap lilin merupakan gerakan yang dilakukan di atas matras dengan kaki tegak berada di atas sedangkan kepala berada di bawah sehingga mirip lilin.

Guling Belakang Backward Roll Guling belakang atau biasa disebut roll ke belakang adalah kebalikan dari roll depan. Gunakan pemindahan dalam benuk lain.

Umumnya gerakan-gerakan tersebut digunakan untuk metode pengobatan dan sebagai sarana memuja dewa. Lakukan tolakan sekuat tenaga pada papan tolakan dengan menggunakan kedua kaki. Lantai pertandingan berukuran 12 m2 dalam ruang yang berukurang 14 m2 dilapisi karpet kenyal setebal 0, m.

Posisi awal adalah berdiri tegak dengan kedua tangan lurus di samping.

Yang membedakan hanya awalannya saja. Langkah awal yang harus dilakukan berdiri tegak dengan kedua tangan lurus di samping badan. Posisi kepala berada diantara kedua tangan, menatap lurus kedepan dan posisi kepala terbalik.Senam umum ini seperti senam-senam aerobik, senam pagi, SKJ, senam wanita termasuk kedalam senam umum.

Baca selengkapnya: Jenis/Macam-Macam Senam Teknik Dasar Senam Lantai/Jenis Gerakan Senam Lantai. Senam lantai adalah latihan senam yang dilakukan pada matras, unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan, atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau pada saat meloncat ke depan atau belakang.

Senam lantai dapat dilakukan di luar ruangan walaupun lebih umum di dalam ruangan. Sebelum mulai latihan, pastikan Anda berada dalam kondisi fisik yang prima karena banyak gerakan dalam senam lantai yang menuntut kekuatan tangan dan kaki sekaligus koordinasi otot-otot tubuh dan persendian.

Senam lantai merupakan salah satu rumpun dari senam. Senam lantai adalah latihan senam yang dilakukan pada matras. Unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan atau kakiuntuk memperthankan sikap seimbang atau pada saatmeloncaat kedepan atau ke robadarocker.com: Fotokopiceper.

ยท Senam Maumere (Gemufamire) dan Senam Penguin kelas V SDN Gedong 11 Pagi Pasar Rebo Jakarta Timur - Duration: abdul hafidviewsAuthor: Ranti Afrila.

Senam lantai wanita
Rated 0/5 based on 36 review